Cara Membuat Email Baru di Gmail (Google Mail)

membuat email baru gmail
Saat ini email adalah salah satu informasi yang pribadi seseorang yang biasa digunakan untuk mengirimkan surat secara elektronik atau juga dikenal dengan sebutan surel. Pada zaman yang serba teknologi informasi dimana hampir seluruh aktifitas di dunia maya pasti menggunakan email sebagai alamat yang bisa dihubungi secara online. 

Namun dengan tuntutan seperti itu, masih saja ada kesulitan yang dihadapi sebagian banyak orang khususnya dalam membuat alamat email. Padahal kita tahu bahwa email sudah sangat melakat dengan kita layaknya nomor handphone. Karena dengan adanya alamat email orang jadi bisa menghubungi kita atau siapapun yang menggunakan fasilitas email. Wajibnya memiliki email juga didukung dengan permintaan yang harus di isi pada saat mendaftar jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya.

Nah langsung saja kita membahas bagaimana cara membuat email baru baik menggunakan gmail secara gratis dan mudah, yahoo maupun hotmail.

Cara mendaftar email gmail (Google Mail) dengan mudah

Membuat email dengan gmail sangat mudah karena selain gratis gmail juga mudah dalam pengoperasiannya. Bahkan dari pengalaman yang saya dapat seorang nenek-nenek pun tidak kesulitan dalam membuat email dari gmail. Contoh :  Buat email gmail menggunakan bahasa inggris dengan mudah.

Langkah - langkah membuat email gmail baru dan gratis :

1. Pertama masuk ke website pembuatan email dengan mengetikkan gmail.com pada address bar. atau bisa langsung direct ke link Google Mail ini.

cara membuat email gmail


2. Pilih Create Account atau Buat akun, bisa berada di paling bawah seperti pada tampilan di atas atau berada pojok kanan atas. Halaman ini juga bisa digunakan untuk login apabila Anda sudah memiliki alamat email google atau gmail. 

3. Setelah masuk ke halaman selanjutnya, silahkan isi data yang diminta diantaranya :

buat akun gmail gratis


  • Pertama isikan Nama Anda, isikan nama depan pada kolom first dan nama belakang kolom last. (Boleh digabung 2 suku kata apabila nama lebih dari 2 suku kata atau lebih)
  • Lalu isikan Username atau alamat email yang ingin Anda buat dan gunakan nantinya, buatlah yang mudah diingat serta yang paling penting belum digunakan oleh orang lain. Apabila nama yang Anda inginkan tidak diterima oleh sistem gmail, maka akan ditampilkan dibawahnya nama yang disarankan oleh gmail. Isikan pada kolom Choose you username.
  • Lalu isikan Password pada Create a password yang nantinya digunakan untuk masuk ke gmail dan membuka akun email Anda. Password harus valid, kuat dan rahasia .
  • Kemudian ketik ulang Password (yang dibuat tadi) pada kolom Confirm your password untuk konfirmasi. Password harus sama dengan yang pertama.
  • Lalu pilih Tanggal lahir pada kolom Birthday. Bulan, tanggal dan tahun.
  • Kemudian pilih Jenis Kelamin pada kolom Gender.
  • Lalu isikan Nomor Handphone Anda. Ini juga wajib di isi. Namun tidak perlu khawatir karena privasi nomor HP akan terjamin.
  • Langkah berikutnya tidak wajib karena ini diisikan apabila kita sudah ada email saat ini. Yaitu pada your current email.
  • Yang terakhir check list pada prove you're not a robot atau bisa dengan mengisikan angka yang terlihat pada gambar.
  • Kemudian location biasanya sudah otomatis. Dan check list pada I Agree Google TOS and Privacy Police.
  • Terakhir pilih Next Step atau Selanjutnya.

Nah apabila Anda beruntung Anda tidak perlu melakukan konfirmasi kode yang dikirimkan melalui SMS ke Mobile Phone Anda. Sehingga Anda bisa langsung masuk dan menggunakan Akun Gmail secara bebas. Namun jika minta konfirmasi silahkan inputkan kode yang dikirimkan melalui SMS tersebut pada kolom yang ditampilkan pada layar.

Post a Comment

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Previous Post Next Post