Perintah Dasar Linux Terlengkap - Modul 2

By , 10:26 ~ , 0 komentar
Perintah Dasar Linux Terlengkap - Modul 2
Setelah membahas 5 perintah dasar linux pada artikel perintah dasar linux terlengkap - modul 1, kita lanjut ke pembahasan materi modul 2 untuk mengenal lebih banyak perintah dasar Linux. Pada materi kedua ini kita akan mebahasa lebih banyak mengenai perintah dasar Linux sehingga menambah pengetahuan kita terhadap dasar-dasar mengoperasikan sistem operasi Linux. Tentunya setelah mengenal fungsi help, ls dan adduser kita akan menelusuri lebih dalam mengenai basic command pada linux terminal. Pada modul 2 penjelasan perintah dasar linux akan lebih membahas mengenai opsi direktori, mulai dari membuat direktori, menghapus, merubah nama, meng-copy, memindahkan dan masih banyak lagi. Namun sebelumnya kita akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu direktori pada linux?   

Secara general kita dapat mengartikan direktori sebagai folder seperti yang kita gunakan pada windows. Dimana fungsi dari direktori itu adalah sebagai kotak atau media yang menyimpan kumpulan datum (data) sehingga akan lebih mudah dalam manajemen jenis data serta pengkategoriannya. Sehingga kita lebih mudah untuk menggabungkan satu atau lebih jenis data kedalam satu direktori / grup. 

Namun pada Linux fungsi dari direktori lebih dalam lagi, tidak hanya sekedar menggrupkan saja, namun salah satu fungsinya adalah security sehingga data bisa lebih aman. Pada linux direktori juga diatur dengan hak akses, sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses data di dalamnya. Sudah cukup paham bukan mengenai kegunaan dari direktori. Untuk lebih jelas akan kita bahas pada materi selanjutnya.

Basic Linux command

Nah, apa saja perintah-perintah dasar pada direktori linux tersebut, mari kita baca penjelasan berikut:

1. mkdir
"mkdir" adalah perintah untuk membuat direktori yang terdiri dari singakatan dua kata yaitu, make directory (dalam bahasa inggris) yang artinya membuat direktori/folder. Jika pada windows opsi ini sama saja dengan instruksi Klik kanan, New Folder. Pada command line linux praktek dari membuat direktori adalah mkdir nama_direktori_baru. Jangan lupa bahwa linux adalah sistem operasi dengan aturan case sensitive / harus memperhatikan huruf besar atau huruf kecil.
Contoh : mkdir akram
*Catatan : dengan syarat belum ada folder bernama akram sebelumnya

2. rmdir
"rmdir" adalah perintah pada linux untuk menghapus direktori. yaitu singkatan dari remove directory yang artinya menghapus direktori. Pada Windows opsi ini sama saja dengan Klik kanan pada direktori, Delete. Pada terminal linux cara menggunakannya adalah rmdir nama_direktori_yang_dihapus. Juga jangan lupa case sensitive ya.
Contoh : rmdir akram
*Catatan : 
  • harus sudah ada direktori bernama akram dan berada direktori aktif harus berada diluar direktori yang ingin dihapus
  • Jika ada muncul pesan error saat menghapus dapat kita gunakan perintah -R sebelum nama direktori, contoh : rmdir -R akram

3. mv
"mv" adalah perintah dasar linux untuk meng-edit nama direktori. Namun pada dasarnya perintah ini digunakan untuk memotong/cut direktori. Seperti halnya pada windows Klik kanan pada folder, Cut. Namun perintah "mv" pada linux digunakan untuk merubah nama direktori selain untuk Cut. Caranya adalah dengan mengetik pada terminal mv nama_dir_lama[space]nama_dir_baru.
Contoh : mv akram akram1
*Catatan : Direktori yang ingin dirubah harus ada ada didalam direktori aktif

4. cd 
"cd" adalah perintah untuk berpindah antar direktori. Karena pada terminal linux berbasis teks, perpindahan antar direktori harus dilakukan dengan cara perintah juga. Tidak semudah yang kita lakukan pada sistem operasi berbasis GUI. Misalnya kita mempunyai dua direktori yaitu mbah4us dan mbahgoogle. Dimana kedua direktori ini berada didalam satu direktori yang sedang kita singgahi atau dikenal dengan istilah direktori aktif. Jika kita ingin berpindah ke dalam direktori mbah4us, perintahnya adalah cd mbah4us nah, posisinya kita akan ada di dalam mbah4us. Namun jika kita ingin pindah ke direktori mbahgoogle kita tidak bisa langsung pindah karena posisi kita sekarang berada pada direktori aktif mbah4us. Untuk itu jika kita ingin berpindah kita harus keluar dulu dari mbah4us dengan mengetikkan cd .. setelah berada pada direktori aktif pertama sekali kita baru bisa masuk lagi kedalam direktori mbahgoogle.

analogi direktori pada linux

5. cd .. 
"cd" adalah perintah untuk kembali satu direktori sebelumnya. Untuk contoh sudah dijelaskan pada point nomor 4 di atas. Jika melihat gambar diatas dapat secara teorinya cd .. adalah saat kita berada pada direktori mbah4us, saat mengetikkan perintah cd .. kita akan berpindah ke direktori induk, yaitu kembali satu tingkat diatas direktori mbah4us.

Seperti biasa jika ada yang kurang jelas atau masih ragu silahkan isi kolom komentar dibawah ini untuk di diskusikan bersama. Semoga artikel ini bisa bermanfaat! Terima kasih!
Al Akram
Perintah Dasar Linux Terlengkap - Modul 2 - written by Al Akram , published at 10:26, categorized as Belajar Linux , Linux . And have 0 komentar
No comment Add a comment

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Cancel Reply
GetID