Bersama Suzuki Karimun Wagon R, Mobil Keluarga Indonesia


Mengawali postingan kali ini dengan mengutip salah satu lagu Nusantara karya R. Suharjo yaitu, "Dari Sabang sampai Merauke". Lagu yang diajarkan saat kita duduk di bangku sekolah dasar dulu. Begitu jelas melekat di dalam pikiranku hingga saat ini. Mungkin teman-teman juga masih ingat lirik lagu seperti berikut ini :
Dari Sabang sampai Merauke..
Berjajar pulau-pulau..
Sambung menyambung menjadi satu..
Itulah Indonesia..
Indonesia tanah airku..
Aku berjanji padamu..
Menjunjung tanah airku..
Tanah airku Indonesia..
Ya, begitulah lirik lagu nusantara yang menggambarkan persatuan dan menjunjung tinggi rasa nasionalisme. Walaupun lagu ini singkat tapi mengandung arti yang sangat mendalam. Sayapun terus menanamkan berusaha untuk terus menerapkan makna dari lagu nusantara yang sangat terkenal ini. Sebenarnya topik pembahasan kita kali ini adalah mengenai mobil Karimun Wagon R. Tapi tidak ada salahnya jika kita mereview kembali pengetahuan kita tentang kecintaan kita terhadap Indonesia. Oleh karena itu bersama tulisan ini saya ingin sharing informasi mengenai kelebihan Mobil Suzuki Wagon R beserta manfaatnya terhadap masyarakat Indonesia mulai dari pulau Sabang di Aceh hingga Kota Merauke di Irian Jaya.

Setelah bernostalgia dengan lagu nusantara yang melegenda kita mengalihkan perhatian kita pada fokus pembicaraan kita kali ini yaitu kelebihan Karimun Wagon R. Begitu banyak kelebihan dan manfaat yang bisa kita dapatkan saat menggunakan mobil Karimun Wagon R. Walaupun saya sendiri belum pernah merasakan kehebatan Karimun Wagon R namun saya telah membaca banyak referensi sehingga saya rasa informasi ini perlu untuk disampaikan kepada teman-teman pembaca sekalian.

Karimun Wagon R adalah sebuah mobil produksi Suzuki yang hadir sebagai terobosan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang begitu dililit banyak kegiatan dan aktivitas. Dengan adanya perkembangan teknologi, meningkatkan kebutuhan masyarakat, tingginya tuntutan pekerjaan membuat Suzuki memikirkan terobosan untuk bersaing di pasar global melalui mobil Karimun Wagon R yang sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Spesifikasi mesin Suzuki Karimun Wagon R
  • Engine
    Bermesinkan 1.0 L 3 Silinder 12 valve
  • Tipe mesin
    K10B Engine with DOHC
  • Isi Silinder
    Kapasitas silinder hingga 998 cc
  • Bore x Stroke
    73.0 x 79.5 mm
  • Power Maksimal
    Maks. power 80 PS di 6,200 rpm
  • Torsi Maksimal
    Maks. torsi 90 Nm di 3,500 rpm
  • Transmisi
    Saat ini baru tersedia manual - Steering System Rack and Pinion
  • Rem Depan/Belakang
    Ventilated disc/drum
  • Supensi Depan
    Mac Pherson strut with coil spring
  • Sistem Bahan Bakar
    Injenton/Bensin
  • Kapasitas Tanki
    35 Liter
  • Ukuran Ban
    145/80R13

Karimun Wagon R dibekali dengan mesin generasi baru K10B 998cc yang lebih efisien dan bertenaga. Tambahan pula, Karimun Wagon R dilengkapin dengan Multi Point Injection dan Penggerak roda Depan. Penggerak Roda Depan memberikan tenaga lebih saat pengemudi berkendara.

Dengan kekuatan maksimal 80 PS di 6,200 RPM. Berbahan bakar bensin bersistem injection bermuatan tangki BBM hingga 35 Liter. Di dukung dengan Steering system rack dan pinion.

Dimensi atau ukuran mobil Karimun
  • Panjang Mobil
    Panjang mobil adalah 3,6 meter
  • Lebar Mobil
    Lebar 1,48 meter
  • Tinggi Mobil
    Tinggi 1,7 meter
  • Wheel Base
    2,4 meter
  • Ground Clearence
    170 milimeter
  • Radius Putar
    Memiliki radius putar 4,6 meter

Karimun Wagon R terbagi atas 3 tipe, dan dari masing-masing tipe ini tentu ada keunggulan. Nah, kita kupas tuntas dulu mengenai tipe Karimun wagon R. Yuk mari..!!

Karimun Wagon R Type GA
Suzuki Karimun Wagon R menggunakan mesin K10B DOHC Injection, dengan kapasitas silinder 998cc. Lalu untuk kapasitas tanki bahan bakar adalah 35 liter. Dilengkapi dengan 5 seat, memiliki AC, immobilizer, steering (rack and pioning ringan), metal timing chain membuat wagon R tdak cepat aus. Sudah dilengkapi audio didalamnya. Sedangkan untuk dimensi sama saja dari semua tipe Karimun Wagon R.

Karimun Wagon R Type GL
Ini adalah tipe di atas Karimun tipe GA, memang sudah ada penambahan beberapa fitur mobil seperti power steering, velg alloy, berbeda dengan tipe GA yang masih bertipe steel, audio 1 Din. Dan semakin gagah dan bertambah manfaatnya dengan adanya rail roof/root top sehingga akan lebih bermanfaat saat digunakan untuk perjalanan jauh.

Karimun Wagon R Type GX
Kita lajutkan ke tipe GX, bisa dibilang tipe ini adalah kakak pertama dari Karimun Wagon tipe GA dan GL. Fitur yang dimilikinya jauh lebih lengkap walaupun dari bentuk dan mesin yang digunakan sama saja. Apa sajakah fitur-fitur itu? yaitu AC double blower dan audio sudah 2 Din. Dan bonusnya garnis berwarna chrome dibagian depan dan belakang mobil. Ini memberikan kesan mewah pada mobil Karimun Wagon R.

Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R dikelompokkan menjadi 5 kategori yang bisa kita sebut dengan kata SUPER. Ini bukanlah SUPER dalam artian mobil ini memiliki kekuatan super yang bisa mengemudi sendiri atau terbang diangkasa. hehe. Kalu itu mah kayak film fiksi atau cerita dikomik-komik doang. Lalu seperti apakah SUPER yang di makhsud? SUPER adalah gabungan dari beberapa kata yang disingkat yaitu terdiri dari Spacious untuk S, Usefull untuk U, Practical untuk P, Efficient untuk E dan Reasonable untuk R. Kelima inilah yang menjadi kelebihan mobil Karimun Wagon R. Nah agar jangan bertanya-tanya lagi mari kita lihat ke-SUPER-an dari Suzuki Karimun Wagon R itu.

Kelebihan pertama : SPACIOUS
Spacious jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah luas. Jadi yang menjadi kelebihan dari karimun Wagon R adalah luasnya mobil walaupun desiannya yang simple. Tentu ini semua pasti ada pembuktian pastinya. Yuk kita lihat seluas apa sih Karimun Wagon R itu.

1. Kabin luas dengan 5 seat cocok untuk keluarga
Karimun Wagon R mempunyai 5 seat sehingga bisa mengangkut 5 orang sekaligus di dalamnya. Ini membuktikan bahwa Suzuki Karimun Wagon R sangat cocok untuk mobil keluarga yang terdiri dari 5 anggota keluarga, diantaranya Ayah dan Ibu, serta 3 anaknya. hmm, Ternyata mobil ini mendukung peraturan pemerintah dalam memfasilitasi program KB (Keluarga Berencana). Dua anak lebih baik, namun tiga anak juga baik. Karena Mobil Suzuki Karimun Wagon R lebih dari cukup untuk memenuhi iu semua.
2. Berkendara lebih nyaman dengan head and leg room luas
Lebih nyaman berkendara karena luasnya ruang kepala dan kaki sehingga akan terasa lebih santai, tidak sesak walaupun dipenuhi oleh 5 orang di dalam mobil. Saat didalam mobil kepada tidak perlu di tundukkan. itu akan membuat berkendara sangat tidak nyaman, kemudian kaki juga tidak perlu di tekukkan karena untuk perjalanan cukup jauh bisa membuat kaki kita kesemutan atau kram. Inilah yang membuat Suzuki menghindari resiko cedera pada penumpang mupun pengemudi mobil Karimun Wagon R.

3. Bagasi lebih luas
Selain kabin yang luas Karimun Wagon R juga mempunyai bagasi yang luas dibagian belakang mobil. Tentu ini menjadi kepuasan tersendiri bagi keluarga yang hobi berkendara jauh untuk liburan dan wisata. Dengan bagasi luas ini tentu tidak perlu menumpuk barang bersama kita dibagian kabin mobil. Luasnya cukup untuk menampung beberapa tas koper, ransel dan sepeda. Apalagi untuk peralatan wisata keluarga seperti tenda, terpal, peralatan makan, tikar juga muat diletakkan didalam bagasi Karimun Wagon R.

4. Spare ban serap
Selain bagasi yang luas dibagian belakang mobil ternyata terdapat spare untuk ban serap dibawahnya. Tidak perlu khawatir saat melakukan perjalan jauh. Ban serap itu penting, apalagi jika berkendara jauh atau dimalam hari, tentu akan sangat sulit mencari bengkel yang menangani masalah ban. Untuk itu spare ini sangat efektif karena tidak mengganggu tempat, tidak memenuhi bagasi karena tata letaknya yang sangat tepat.

Kelebihan kedua : USEFULL
Usefull yang berarti sangat jelas manfaatnya. Mobil Suzuki Karimun Wagon R didesain sehingga penggunaannya lebih banyak manfaatnya apalagi dikehidupan kota yang begitu sibuk dan macet. Karimun Wagon R memang yang paling pas untuk keluarga Indonesia.

1. Body compact mudah untuk dikendarai
Suzuki memang merupakan produsen mobil terbesar. Mendisain Karimun Wagon R dengan sangat baik sehigga sangat cocok untuk masyarakat Indonesia baik dari aspek penggunaan maupun biaya perawatan. Karimun Wagon R sangat mudah untuk di kendarai terutama untuk melalui jalan sempit maupun di jalanan yang macet. Bodinya yang simpel memudahkan kita menggunakannya di dalam semua aktivitas kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadikan mobil Karimun Wagon R lebih dari cukup untuk keluarga Indonesia.

2. Mudah menyelip dan parkir, mengurangi resiko kemacetan
Salah satu kemudahan yang didapat saat menggunakan suzuki wagon R adalah memberi efektifitas waktu saat berkendara. Maksudnya apa tuh? Maksudnya adalah saat mengguanakan mobil ini kita akan bisa menghemat waktu yang kita gunakan karena mudahnya menyelip serta berkendara bahkan di jalan sempit sekalipun. Jelas ini akan mengurangi resiko terjebak macet.

3. Pergi bekerja lebih cepat
Sehingga manfaatnya yang paling terasa adalah menjadikan kita lebih mudah dan cepat untuk berangkat kerja tanpa dihambat oleh hujan. Dengan bentuk dan desainnya yang compact membuat Karimun Wagon R sangat berguna dan bisa di andalkan.
4. Mengantar anak sekolah dengan aman karena Child proof door lock
Mengantar anak-anak kesekolah juga mudah, selain kabin yang luas, mudah menyelip dan sporty, masih ada kelebihan yang dimiliki oleh Suzuki Wagon R ini, yaitu dengan adanya fitur Child proof door lock. Fungsi dari system tersebut adalah memudahkan orang tua untuk mengunci pintu mobil tanpa khawatir kenalakan anak-anak saat dibawa berkendara. Anak-anak jadi tidak bisa membuka pintu mobil karena sudah dikontrol oleh orang tua. Karena keselamatan anak adalah tanggung jawab orang tua. Tujuan dari adanya sistem ini adalah menjaga keamanan dan keselamatan penumpang.

Kelebihan ketiga : PRACTICAL
1. Kompartemen banyak sehingga sangat praktis
Kompartemen diperlukan untuk mengatur tata letak barang di dalam mobil sehingga mobil lebih rapi dan bersih. Dengan adanya 11 slot multifungsi ini membuat mobil lebih tertata seperti dengan adanya tempat dokumen, slot botol air minum, tempat meletakkan handphone, pengarum mobil dan masih banyak lagi slot multifungsi yang bisa dimanfaatkan.

2. Under sheet try (Tipe GX) menjaga keamanan barang saat ditinggal di mobil
Salah satu cara menjaga keamanan barang saat mobil ditinggal atau diparkir di tempat umum adalah dengan menyembunyiakan barang-barang berharga agar tidak terlihat dari luar mobil. Salah satunya adalah dengan menyimpan di dalam bagian bawah seat/bangku yang disebut dengan istilah under sheet try.

Fitur ini hanya terdapat pada Karimun Wagon R bertipe GX. Kejadian didaerah rumah saya yang paling sering saya dengan adalah kemalingan barang berharga di dalam mobil terjadi saat pemiliknya sedang tidak memperhatikan mobilnya. Dan dari semua berita kemalingan tersebut menyebutkan bahwa mereka hanya meletak barang berharga seperti laptop, handphone ataupun tas di bangku mobil. Ini jelas sangat memancing para pelaku untuk mengambil barang-barang tersebut. Karena itu Suzuki bersama Wagon R menangani masalah ini dengan menambah tempat aman di dalam mobil yaitu dengan Under Sheet Try.

3. Rail roof mudah untuk bepergian jauh (Tipe GL dan GX)
Unsur praktis yang masih dimiliki oleh mobil produksi Suzuki ini adalah Rail Roof. Ini terdapat pada Wagon Rbertipekan GL dan GX. Rail Roof digunakan untuk membawa barang saat berpergian jauh seperti pulang kampung (pulkam) ataupun Travelling. Biasanya rail roof dijadikan tempat meletakkan tas koper, tikar, terpal dan masih banyak lagi. Karean itu Wagon R sangat cocok dengan kebutuhan keluarga Indonesia dari sabang sampai merauke.

Kelebihan keempat : EFFICIENT
Fitur dari kelebihan yang keempat adalah efisiensi mesin yang digunakan oleh Karimun Wagon R. Selain mempunyai banyak keunggulan dari aspek exterior dan interiornya, mobil ini juga mempunyai ketanguhan mesin dan kecakapan performa. Nah, langsung saja kita lihat apa sih kehebatan itu. Let's check it out!

1. Metal Timing Chain - Mengurangi biaya perawatan 
Metal timing chain adalah rantai timing yang digunakan pada mobil Suzuki Karimun Wagon R. Menggunakan belt timin yang terbuat dari bahan metal membuat akan lebih tahan dari pada belt yang terbuat dari bahan karet. Ini jelas akan mempengaruhi kurangnya biasa perawatan dan service karena timin yang terbuat dari bahan metal akan lebih tahan lama. Suzuki juga mempertimbangkan faktor biaya dan kualitas mesin sehingga Karimun Wagon R bisa dikategorikan sebagai mobil yang ramah lingkungan.

2. Intake Manifold - Mengurangi penguapan bahan bakar
Satu hal lagi yang membuktikan bahwa Karimun Wagon R merupakan mobil yang ramah lingkungan atau green technology adalah karena adanya Intake Manifold.  Berbahan plastik yang dapat meminimalisir penguapan bahan bakar dari radiasi mesin dan ditunjang bahan yang terbuat dari plastik sehingga membuat bobot mesin lebih ringan dan menghasilkan bahan bakar yang lebih efisien serta mesin lebih responsif. Sehingga efeknya adalah bahan bakan bisa lebih hemat dan pembakaran akan lebih sempurnya sehingga akan lebih mengurangi efek rumah kaca.

3. Penggerak roda depan - Lebih mudah dan lama berkendara
Penggerak roda depan adalah fitur yang dimiliki oleh Karimun Wagon R untuk menambah daya mobil sehingga pengemudai lebih mudah dalam menggunakan mobil Suzuki ini. Tentunya tidak semua pengemudi mobil mempunyai kekuatan yang ekstra. Biasanya wanita apabila mengemudi mobil terlalu lama akan mudah terasa kelelahan. Oleh karena itu dengan adanya fitur ini tenaga tidak akan terlalu terkuras dan akan lebih tahan saat berkendara mobil dengan jarak yang jauh.

4. Shift Gear indicator - Hemat bahan bakar (Green Technology)
Selain intake manifold, teknologi penghematan yang terpadat pada Wagon R adalah teknologi Shift Gear Indicator. Sistem ini memudahkan pengemudi dalam memindahkan perseneling sehingga bahan bakar akan lebih efiisien dalam pembakaran.

Dan setelah itu tentu akan mendapatkan tenaga yang lebih powerfull saat mengendarai si Wagon R mobil green technologi nan modern ini.



Kelebihan kelima : REASONABLE
Masuk akal adalah kelebihan dari mobil Suzuki Karimun Wagon R yang terakhir. Dengan berbagai macam fitur dan kecanggihan yang dimiliki tentulah harga yang di pasang untuk mobil Karimun Wagon R juga harus masuk akal. Masuk akal untuk kesanggupan ekonomi masyarakat Indonesia, masuk akal dengan semua fitur yang dimilikinya. Harga untuk sebuah mobil Karimun Wagon R sangat bersahabat dengan kemampuan masyarakat Indonesia. Dari ketiga tipe Karimun Wagon R masing-masing mempunyai harga :
**Harga dibawah sudah OTR jabodetabek
  • Tipe GA
    Dengan Harga Rp. 77.000.000,-
  • Tipe GL
    Dengan Harga Rp. 89.900.000,-
  • Tipe GX
    Dengan Harga Rp. 99.000.000,-

Karimun Wagon R Peraih LCGC 2014
Salah satu penghargaan bergengsi berhasil diraih oleh mobil produksi Suzuki yang satu ini. Bersaing dengan banyak kompetitor dalam berbagai bidang penilaian seperti efisiensi bahan bakar, teknologi ramah lingkungan dan tentunya harga yang terjangkau dengan kemampuan terbaik milik Karimun Wagon R ini. Dengan meraih Best Low Cost Green Car (LCGC) membuat kita bisa memvonis bahwa Karimun Wagon R sebagai mobil terbaik di Indonesia.

Fitur Safety dan Security/keamanan
1. Safety belt
Salah satu alat yang menjaga keselamatan saat berkendara adalah safety belt. Karena itu menggunakan safty belt diatur dalam undang-undang lalu lintas. Safety belt terdapat pada setiap seat/bangku Karimun Wagon R. Selain kemampuan dan desian yang modern faktor keamanan adalah salah satu fasilitas yang harus dimiliki sebuha mobil. Gunakan Wagon R, budayakan keselamatan!

2. Immobilizer dan alarm (Semua tipe)
Apa itu immobilizer? Immobilizer adalah sebuah sistem untuk menjaga keamanan mobil. Fitur ini terdapat pada setiap tipe mobil Suzuki Karimun Wagon R. Fungsinya adalah untuk mengatisipasi kemalingan mobil dimana mobil akan bisa hidup hanya dengan menggunakan kunci aslinya. Ya, inilah perkembangan teknologi terbaru yang langsung diaplikasikan ke mobil Karimun Wagon R, mobil untuk keluarga Indonesia. Mobil akan lebih aman dan kita tidak perlu khawatir saat memarkirkan mobil dipinggir jalan ataupun ditempat umum lainnya. Dengan adanya fitur immobilizer ini semoga bisa menghindari mobil dari kemalingan.

Fitur exterior dan interior modern
1. Dashboard modern, sporty cluster meter (GL dan GX)

Dashboard yang modern menambah rasa nyaman saat berkendara. Sehingga akan nyaman berlam-lama di dalam mobil. Selain kabin yang lega dan luas juga terdapat dashboard yang modern. Dashboard ini memberikan kesan mewah dengan kepuasan tersendiri terhadap pemiliknya.

Cluster meter yang sporty membuat matching antara dashboard dan speedometer. Kecepatan akan bisa terpantau dengan mudah, serta bahan bakar bisa dilihat dari fuel meter yang terdapat pada cluster.




2. High light blue eyes
Blue eyes yang artinya mata biru memberi kesan elegan pada mobil saat dipandang dari depan. Bak mata tajam dengan pupil berwarna biru menjadikan ciri khas ini sangat mudah dikenali walau dilihat dari jauh. Bergandengan dengan grill berwarna chorme membuat sejuk mata memandang dari arah depan mobil. Namun jangan terengah ya saat melihat mobil ini dari depan, bisa-bisa nanti melah tertabrak. hehe..


3. Pilihan warna
Salah satu kelabihan Wagon R adalah warna yang begitu beragam yang bisa Anda pilih menyesuaikan dengan selera masing-masing. Terdapat delapan warna yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.
Dari semua kelebihan dan fitur yang dimiliki Suzuki Karimun Wagon R tentu kita akan semakin tertarik dengan mobil produksi Suzuki ini. Untuk brosur bisa di lihat dan di download pada :
http://www.suzuki.co.id/karimun_wagon_r/brochure.pdf

Sedangkan untuk mengenal lebih dekat mengenai Suzuki Karimun bisa kunjungi website official Suzuki dimana referensi yang menjadi sumber tulisan saya ini di : http://www.suzuki.co.id/karimun_wagon_r/ dan halaman http://www.suzuki.co.id/cars_prods_karimun_wagon_r_perf.php.


Demikian referensi yang bisa saya berikan kepada teman-teman, semoga dengan dimikian akan bermanfaat terhadap semua keluarga Indonesia dari SABANG samapai MERAUKE. Terus sukses untuk Suzuki. Karimun Wagon R lebih dari cukup.

Post a Comment

Perhatian Para Pembaca!
Dilarang Keras:
1. Menggunakan kata-kata kotor dalam menulis komentar, terima kasih atas partisipasi saudara/i.
2. Menulis link hidup, link yang tidak berkaitan.
3. Silahkan sertakan sumber jika meng-copy tulisan di atas.
4. Sangat disarankan untuk memfollow blog ini.
5. Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru.

Previous Post Next Post